Home News Freeport dan Komunitas Warga Mimika Kumpulkan Satu Ton Sampah Dalam Sehari – Papuanesia.id

Freeport dan Komunitas Warga Mimika Kumpulkan Satu Ton Sampah Dalam Sehari – Papuanesia.id

by Papuaku
Freeport dan Komunitas Warga Mimika Kumpulkan Satu Ton Sampah Dalam Sehari - RSS FEED BERITA

TIMIKA | PT Freeport Indonesia
melalui Departemen Environmental bersama komunitas warga di Mimika berhasil mengumpulkan satu ton sampah rumah tangga saat melakukan bersih kota, Jumat 21 Februari 2022.

Kegiatan bersih kota dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tanggal 21 Februari. Bersih kota dilakukan mulai dari area Pagar Kuning, hingga ke Jalan Ahmad Yani dan Jalan Baru Kota Timika.

“Secara khusus diikuti kurang lebih ada 300 orang yang berasal dari perwakilan Pemerintah, Komunitas KAMGAS, pemuda gereja, komunitas guru dan siswa-siswa Sekolah Menengah Pertama dari komunitas Alam Lestari binaan PTFI. Sekaligus mendukung Pemerintah Kabupaten Mimika dalam pengelolaan sampah,” Kara General Superintendent Reclamation, Biodiversity and Education PTFI, Roberth Sarwom.

Roberth Sarwom berharap aktivitas peduli lingkungan seperti ini dapat menggerakkan warga Timika untuk mengelola sampah dengan baik.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini kita bersama-sama mengingatkan semua pihak bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama, yakni dalam hal penanganan dan pengelolaannya yang memerlukan pelibatan seluruh komponen warga,” lanjut Roberth.

Satu ton sampah dengan jenis botol dan plastik nantinya akan didaur ulang menjadi campuran paving block di area MP 38 PTFI.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Mimika, Kepala Seksi Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika, yang juga sebagai Koordinator KAMGAS Timika, Aris Sampe Mambulu, mengapresiasi dukungan dari warga dalam kegiatan ini.

“Harapan kami warga menjadi lebih peduli dalam mengelola sampah, bahkan dari tingkat RT pun harus ikut menggerakkan kegiatan seperti ini,” katanya.

Pihaknya juga memberi apresiasi kepada Freeport yang telah menggandeng komunitas warga dalam kegiatan ini, sehingga bisa memberikan contoh kepada warga.

Sejumlah Komunitas warga antusias memperingati Hari Sampah Nasional tahun 2022 di Kota Timika. Turut bergabung Komunitas Anak Muda Gerakan Anti Sampah (KAMGAS) Timika, komunitas siswa-siswa peserta Program Alam Lestari binaan PTFI, para guru dari berbagai sekolah, serta sejumlah pemuda dari perwakilan Gereja di Timika melakukan aksi bersih kota guna bersama-sama mengelola sampah di sekitar.

Artikel ini telah tayang di Papuanesia.id
Artike :Freeport dan Komunitas Warga Mimika Kumpulkan Satu Ton Sampah Dalam Sehari

Sumber: [1]

Related Posts