Home Lintas Papua Polisi Temukan Alat Hisap Sabu – Papuanesia.id

Polisi Temukan Alat Hisap Sabu – Papuanesia.id

by Papuaku
Polisi Temukan Alat Hisap Sabu - Cepos Online

Papuanesia.id –

*Dari Deteksi Dini Peredaran Narkoba di Jayawijaya*

WAMENA—Untuk mencegah peredaran Narkotika di Kota Wamena, Polres Jayawijaya bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua melakukan pemeriksaan urine dengan uji sampel di beberapa tempat atau rumah kost yang ada di Kota Wamena. Dalam pemeriksaan itu, didapati di salah satu kamar, ada sebuah bong (alat hisap Narkotika jenis sabu ) sehingga dilakukan penyelidikan.
Kapolres Jayawijaya AKBP. Muh Safei, AB, SE membenarkan adanya uji sampel di beberapa rumah kost guna melakukan deteksi dini terhadap peredaran narkoba dengan melakukan pemeriksaan urine terhadap kelompok wanita dan remaja.
“Dari hasil pemeriksaan urine, di mana ada 20 sampel yang diambil tidak ditemukan adanya indikasi pengguna narkotika,”ungkapnya, Jumat (25/2) kemarin.
Meskipun tidak ditemukan adanya penggunaan narkotika, kata Kapolres, namun dalam pemeriksaan itu, ada satu kamar yang ditemukan salah satu alat bukti yang diduga itu adalah bong, yang merupakan salah satu peralatan yang digunakan untuk menggunakan narkotika jenis sabu, sehingga alat itu diamankan dan dilakukan penyelidikan.
“Kita lakukan peningkatan penyelidikan dengan membawa penghuni kamar itu untuk dilakukan pemeriksaan mendalam, dengan adanya bong itu, berarti berindikasi pernah digunakan atau akan digunakan,”kata Safei.
Menurutnya, saat ini Sat Narkoba Polres Jayawijaya sedang melakukan pengembangan penyelidikan terkait ditemukannya satu alat hisap sabu, sementara untuk penghuni kamar itu setelah dilakukan tes urine yang bersangkutan negatif atau tidak ditemukan indikasi penggunaan narkotika.
“Memang yang punya kamar itu negatif , namun kita temukan alat hisap narkotika jenis sabu itu di kamarnya, sehingga kita lakukan pemeriksaan untuk mengetahui siapa yang menggunakan atau akan menggunakan alat tersebut,”jelasnya.
Ia menyatakan, pihaknya ingin mengetahui dari mana asal bong yang ditemukan, siapa pemiliknya, siapa yang membuat dan siapa yang menggunakan, ini sekarang masuk dalam penyelidikan Polres Jayawijaya.
Kapolres menambahkan, pemeriksaan urine ini untuk menindaklanjuti deteksi peredaran narkoba di Jayawijaya, sebab selain narkotika jenis ganja yang ditemukan, banyak peredaran Narkoba jenis sabu, ini yang akan ditindaklanjuti oleh Polres Jayawijaya.
“Di Wamena ini tak hanya ganja yang beredar, tap juga ada sabu yang pernah kita temukan, namun tak bertuan,”tutupnya.(jo/tho)

Continue Reading

Sumber: [1]

Related Posts