Home News Politeknik Amamapare Timika Buka Prodi Baru Pertama di Papua – Papuanesia.id

Politeknik Amamapare Timika Buka Prodi Baru Pertama di Papua – Papuanesia.id

by Papuaku
Politeknik Amamapare Timika Buka Prodi Baru Pertama di Papua - RSS FEED BERITA

TIMIKA | Politeknik Amamapare Timika (Poltekam) kini membuka program sudy (Prodi) baru dan menjadi pertama di Papua.

Program studi tersebut adalah S1 Terapan Teknologi Rekayasa Internet. Sebelumnya di Poltekam hanya ada tiga program study yakni D3 Teknik Sipil, D3 Teknik Pertambangan, dan D3 Teknik Mesin.

“Ini adalah prodi baru dimana kita patut berbangga bahwa prodi ini baru pertama dan satu-satunya di Papua. Di Indonesia kami urutan ke ke3 yang membuka prodi ini,” kata Direktur Poltekam, Herman Dumatubun, Jumat (4/3/2022).

Prodi baru ini setara dengan D4 yang akan ditempuh oleh mahasiswa selama 4 tahun kuliah dan mendapatkan gelar S.Tr.T (Sarjana Terapan Teknik).

Poltekam merekrut mahasiswa baru tahun ini pada tanggal 9 Mei 2022 seusai dengan jadwal penerimaan mahasiswa baru. Dan untuk Prodi Teknologi Rekayasa Internet targetnya 95-100 mahasiswa yang akan dibagi menjadi 3 kelas.

Herman mengatakan prodi baru ini jika dikaitkan dengan kebutuhan Kabupaten Mimika akan sangat strategis untuk mendukung program Mimika Smart City.

“Kita bicara Smart City maka berkaitan dengan digitalisasi,informasi internet di seluruh bidang pelayanan sehingga ini akan menjadi prodi yang harusnya menjadi kebanggaan Mimika juga,” ungkapny.

Menurutnya, Prodi ini juga akan sangat strategis untuk mendukung pengembangan bidang ekonomi kreatif dalam hal ini adalah pengembangan aplikasi berbasis internet kemudian nantinya bisa dikembangkan untuk membantu warga dalam hal menjual atau memasarkan produk-produk mereka.

“Dan juga prodi ini strategis untuk mendukung segala pengembangan, digitalisasi internet dalam segala bidang,” ungkapnya.

“Kita tau bahwa saat ini perkembangan teknologi terutama dibidang IT sangat besar oleh karena itu keberadaan Prodi baru ini nantinya akan memberikan solusi dan pilihan bagi warga Mimika dan warga kabupaten-kabupaten sekitar untuk bisa menempuh pendidikan di prodi ini,” lanjutnya.

Ia berharap dalam empat tahun kedepan Poltekam melalui prodi yang baru ini bisa menghasilkan sarjana dibidang teknologi sehingga kebutuhan segala bidang baik itu sekolah, industri, pemerintahan dan dimana saja ketika mengusulkan tenaga-tenaga berbasis IT maka prodinya akan sangat strategis untuk dipilih untuk mengembangkan potensi di Mimika.

“Juga digitalisasi juga akan sangat baik seperti cybercrime, bidang forensik juga bisa dipelajari. Tahun ini kami sudah mulai menerima mahasiswa baru untuk tiga prodi lama dan satu prodi baru ini,” katanya.

Di tahun 2023 juga direncanakan akan ada penambahan tiga prodi baru lagi yakni mengembangkan prodi yang saat ini D3 menjadi D4 atau S1 Terapan yakni D3 Sipil akan dinaikkan menjadi sarjana terapan manajemen konstruksi, kemudian D3 mesin menjadi prodi baru yaitu teknologi rekayasa otomotif dan Prodi D3 pertambangan menjadi teknologi eksplorasi pertambangan.

Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Johannes Rettob memberikan apresiasi kepada Dirjen Dikti dan Kementerian Pendidikan yang sudah memberikan persetujuan dan kepercayaan bagi Poltekam di Mimika untuk membuka prodi baru yakni Teknologi Rekayasa Internet.

“Ini luar biasa penghargaan bagi kami. Kami berikan dukungan penuh kepada Poltekam juga agar bisa melakukan dan membina anak-anak secara khsusus bisa menjadi ahli teknologi di bidang tekayasan internet,” katanya.

Wakil Bupati mengatakan dengan adanya prodi baru di Timika yang berhubungan dengan teknologi ini, sesuai dengan program Mimika Smart City.

“Semoga bisa menjadi tujuan kuliah bagi anak-anak Papua bahkan di Indoensia Timur bisa datang dan berkuliah disini,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Papuanesia.id
Artike :Politeknik Amamapare Timika Buka Prodi Baru Pertama di Papua

Sumber: [1]

Related Posts