Home News Keyza Edoway Perkenalkan Indonesia dari Dalam Noken di Ajang Miss Ultra Universe Brasil – Papuanesia.id

Keyza Edoway Perkenalkan Indonesia dari Dalam Noken di Ajang Miss Ultra Universe Brasil – Papuanesia.id

by Papuaku
Keyza Edoway Perkenalkan Indonesia dari Dalam Noken di Ajang Miss Ultra Universe Brasil - RSS FEED BERITA

TIMIKA | Keyza Amy Erna Kagaimau Edoway atau lebih dikenal Keyza Edoway telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Mewakili Asia, Keyza Edoway mengikuti ajang Miss Ultra Universe di Brasil, Februari 2022 dan berhasil meraih dua penghargaan diantaranya Best National Costum dan Miss Social Media.

Saat mengikuti ajang yang diikuti 16 negara di dunia itu, salah satu kompetisi yang diikuti ialah debat budaya.

Debat budaya ini bagaimana peserta memperkenalkan apa saja yang bisa dijual atau ditawarkan dari negara asalnya kepada dunia mulai bidang ekonomi, sosial dan budaya.

“Jadi salah satu penilaian beauty pageant Miss Ultra Universe itu memberikan debat budaya, dan saya membawa noken yang telah ditetapkan oleh Unesco sebagai salah satu warisan dunia,” kata Keyza ditemui saat kembali dari Brasil di Timika .

Mahasiswa semester akhir Universitas Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara itu menceritakan, saat akan tampil pada debat budaya ia mengenakan noken berbahan dasar kulit kayu.

“Saat pakai noken itu teman-teman (Peserta Miss Ultra Universe) sangat tertarik dan kagum sekali. Apalagi pas saya kasih tau kalau ini bahannya dari pohon,” ungkapnya.

Menurutnya, orang-orang di luar negeri memahami dan menghargai seni bukan hanya hasilnya tetapi juga proses pembuatannya. “Saya jelaskan sedikit tentang bahan, cara membuatnya dan banyak yang tertarik,” katanya.

“Sampai tiba saatnya debat, saya membawa Indonesia di dalam noken,” kata perempuan yang lahir di Timika 21 tahun silam.

Saat tampil, Keyza menyajikan berbagai hal yang ditawarkan Indonesia kepada dunia dari dalam noken.

Dia menyebutkan, hal pertama yang dikeluarkan dari dalam noken ialah Oksigen, dimana Indonesia memiliki hutan yang luas yang membantu proses perubahan karbondioksida menjadi oksigen.

Kemudian, Keyza juga membawa emas dan tembaga. “Indonesia menawarkan batu-batu berharga dan bahkan salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia itu ada di Indonesia,” ungkapnya bangga.

Ketiga, Keyza menawarkan keanekaragaman hayati di Indonesia. “Saya jelaskan dan semua itu saya keluarkan dari dalam noken,” ujarnya.

Selain ketiga hal itu, Keyza juga memperkenalkan Indonesia yang begitu unik dengan adanya 500 lebih bahasa daerah atau lokal dan juga 17.000 pulau yang tersebar di seluruh wilayah.

“Di Indonesia juga ada ras yang berbeda melayu dan melanesia. Saya bilang di Asia negara yang ada kulit hitam cuma di Indonesia. Dan semua saya keluarkan dari dalam noken,” katanya.

Dengan bangga, Keyza menceritakan ada banyak perbedaan di Indonesia tetapi perbedaan itu justru mempersatukan dengan semboyan bhineka tunggal ika.

“Dan dari dalam noken saya kibarkan bendera merah putih,” ucapnya.

 

Artikel ini telah tayang di Papuanesia.id
Artike :Keyza Edoway Perkenalkan Indonesia dari Dalam Noken di Ajang Miss Ultra Universe Brasil

Sumber: [1]

Related Posts