Home News Soal Otsus, Eddy Way: Jangan Buat Imitasi Fungsi Administrasi OAP dan non OAP – Papuanesia.id

Soal Otsus, Eddy Way: Jangan Buat Imitasi Fungsi Administrasi OAP dan non OAP – Papuanesia.id

by Papuaku
Soal Otsus, Eddy Way: Jangan Buat Imitasi Fungsi Administrasi OAP dan non OAP - RSS FEED BERITA

TIMIKA | Kasubbid Pemerintahan dan Otonomi Khusus (Otsus) Bappeda Provinsi Papua, Eddy Way menjelaskan dua pendekatan pada pengelolaan dana Otsus.

Pendekatan ini diantaranya, orang yang langsung menerima manfaat yaitu orang asli Papua dan orang yang mendukung agar manfaat bisa dirasakan orang orang asli Papua.

Hal ini diungkapkan dalam Rapat Persiapan Musrenbang Otsus 2023 yang dihadiri pimpinan OPD lingkup Pemkab Mimika di Kantor Bappeda Mimika, Jumat (18/3/2022).

Eddy mencontohkan, seperti pada Dinas Peternakan membutuhkan dokter hewan atau mantri hewan, Dinas Pendidikan membutuhkan guru dengan keahlian tertentu dan tidak ada orang asli Papua di Mimika yang memiliki kriteria itu, maka orang non Papua bisa dipakai.

“Contoh misalnya kita bicara dokter hewan, mantri hewan, misalnya guru-guru dengan keahlian tertentu mungkin karena di Mimika tidak ada dan yang ada itu orang-orang yang bukan orang asli Papua, Otsus bisa dipakai membiayai mereka. Yang penting lewat peran mereka sasaran utama itu terlayani,” jelasnya.

Dalam rapat tersebut hal ini juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Peternakan Drh. Sabellina Fitriani bahwa di Mimika saat ini belum ada dokter hewan yang OAP.

Sehingga dia juga meminta petunjuk bisakah menggunakan dokter hewan yang bukan OAP.

“Itu yang contoh spesifik dokter hewan itu. Dokter hewan mungkin kita tidak punya di Mimika sehingga mau tidak mau kita harus datangkan dokter hewan yang bukan orang asli,” ucapnya lagi.

Menurutnya, hal ini tidak salah dalam pandangan Otsus, karena tugas dari orang tersebut hanyalah mendukung program Otsus itu.

“Tidak salah, karena dia punya tugas hanya mendukung. Karena peran dia ternak itu sehat, orang yang mengkonsumsi ternak juga tidak sakit tapi dia sehat juga,” ungkapnya.

Ia menambahkan, salah satu cara untuk bisa mencapai sukses dalam pengelolaan dana Otsus ini ialah tidak membuat imitasi fungsi administrasi OAP dan non OAP.

“Hal yang dihindari untuk sukses stori Otsus membuat imitasi pada fungsi administrasi OAP dan non OAP,” tambahnya.

 

Artikel ini telah tayang di Papuanesia.id
Artike :Soal Otsus, Eddy Way: Jangan Buat Imitasi Fungsi Administrasi OAP dan non OAP

Sumber: [1]

Related Posts