Home Jayapura Polisi Bongkar Tempat Pembuatan Senjata Api Rakitan – Papuanesia.id

Polisi Bongkar Tempat Pembuatan Senjata Api Rakitan – Papuanesia.id

by Papuaku
Polisi Bongkar Tempat Pembuatan Senjata Api Rakitan - Cepos Online

Papuanesia.id –

JAYAPURA-Buah kerja dari penyelidikan yang dilakukan Satgas Ops Intel Damai Cartenz beserta Timsus Polres Keerom akhirnya berhasil mengungkap aktivitas pembuatan senjata api ilegal. Ini setelah seorang pria berinisial Su menyerahkan diri usai tempat kerjanya digrebek.
Pelaku berinisial Su harus berurusan dengan Polisi setelah aktivitasnya tercium membahayakan keamanan daerah. Pria yang tinggal di Arso I hampir saja menjadi buron setelah rumahnya didatangi Satgas Ops Intel Damai Cartenz beserta Timsus Polres Keerom karena diketahui ia aktif membuat senjata api rakitan.
Untungnya setelah penggrebekan pertama dimana ia berhasil menghindar sehari kemudian iapun menyerahkan diri setelah sang istri lebih dulu diperiksa. “Jadi kejadian penggerebekan itu memang ada dan itu dilakukan oleh Tim Sus Polres Keerom termasuk Satgas Ops Intel Damai Cartenz. Polisi setelah mendapatkan informasi langsung mengembangkan informasi tersebut dan ternyata betul. Ada aktivitas yang dilakukan seorang warga dan itu pembuatan senjata api rakitan.” Kata Kapolres Keerom, AKBP Christian Aer melalui melalui Kasi Humas Polres Keerom, AKP. La Ambo, SH., MH., Jumat (1/4).
Sejumlah barang bukti berupa senjata api dan amunisi siap pakai juga telah diamankan. Namun yang cukup mencolok adalah amunisi Cal 7,62 mm untuk senjata mosser sebanyak 15 butir, amunisi Cal 7,62 mm untuk senjata AK 47 sebanyak 6 butir, amunisi Cal 7,62 mm untuk senjata V2 Sabhara sebanyak 7 butir, amnusi Cal 38 mm untuk senjata US carabin sebanyak 9 butir.
Menurut Kasi Humas La Ambo, seluruh barang bukti semua diamankan ke Mapolres Keerom namun untuk barang bukti ini masih harus dibawa ke laboratorium forensik di Bhayangkara untuk diperiksa kembali.
“Pria berinisial Su sudah mengakui jika itu barang – barangnya dan kini semua sedang didalami berapa lama ia membuat senjata rakitan termasuk apakah ada yang memesan dan lainnya,” jelas La Ambo.
Sementara dari kronologis yang dilaporkan terungkap jika pengungkapan aktivitas pembuatan senjata api rakitan ini diketahui sejak 29 Maret 2022. Dimana Timsus Polres Keerom yang dipimpin Kasat Reskrim dan Kasat Narkoba Polres Keerom serta anggota Opsnal Polres Keerom melakukan pengrebekan terduga pelaku tindak pidana penjualan dan pembuatan senjata api rakitan di Arso I di Jalan Melati Timur Distrik Arso Barat Kabupaten Keerom.
Sekira pukul 17.30 WIT, tim tiba di Masjid Fiisabillilah Arso I Distrik Arso Barat Kabupaten Keerom kemudian melakukan kordinasi.
Pukul 17.40 WIT tim gabungan tiba di kediaman terduga pelaku dan 2 menit kemudian dilakukan penggeledahan di luar kediaman terduga dan setelah menggeledah ke bagian dalam, polisi menemukan beberapa senjata api rakitan laras panjang maupun laras pendek beserta dengan amunusi.
Pukul 18.00 WIT penggeledahan selesai dan barang bukti serta saksi langsung dibawa ke Polres Keerom. “Saat itu Su tidak di tempat tapi setelah istri dan anaknya dibawa ke Polres iapun datang menyerahkan diri,” tutup Ryan.
Sementara Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal yang dikonfirmasi Jumat (1/4) kemarin membenarkan adanya penggerebekan tersebut. “Ia sudah ditangani tapi masih dikembangkan,” singkat Kamal. (ade/nat)

Barang Bukti Yang Di Amankan :
– Amunisi Cal 9 mm Sebanyak 229 Butir
– Amunisi cal 5,56 mm Sebanyak 254 butir.
– Amunisi Cal 38 mm revolver sebanyak 10 butir.
– Amunisi Cal 50 mm Sebanyak 5 butir.
– Amunisi Cal 7,62 mm senjata mosser Sebanyak 15 butir.
– Amunisi Cal 7,62 mm senjata AK 47  sebanyak 6 butir
– Amunisi Cal 7,62 mm senjata V2 Sabhara Sebanyak 7 butir
– Amnusi Cal 38 mm senjata US carabin sebanyak 9 butir
– Amunisi Cal 11 mm jenis senjata FN sebabyak 2 butir
– 12 butir proyektil
– 5 butir selongsong peluru jenis yang berbeda
– 1 butir peluru hampa kaliber 7,62 mm senjata V2 Sabhara
– 1 Buah Sangkur  Komando.
– 1 Buah Senjata PCP beserta teleskop
– 1 Buah Laser Teleskop.
– 2 Buah Peredam Senjata PCP.
– 1 Buah Magazen Uzi.
– 1 Buah Senpi Reforfer Rakitan beserta Amunisi
– 8 Magazen  Senjata Api Jenis SS1
– 1 Buah grendel Piston Senjata Api Jenis SS1.
– 1 Buah Keflar.
– 1 buah Pengancing Senjata Jenis Moser.
– 1 Buah Rangka Rakitan jenis Refolver beserta 1 laras rakitan
– 3 buah Senjata Rakita Jenis
– Amunisi cis api kaliber 22 sebnyak . – 6 butir.
– Papporo.
– 1 buah Teleskop .
– 2 buah Tang Jepit.
– 2 buah Obeng

Continue Reading

Sumber: [1]

Related Posts