Home News Persediaan beras Bulog di Timika aman hingga Lebaran

Persediaan beras Bulog di Timika aman hingga Lebaran

by Papuaku
Persediaan beras Bulog di Timika aman hingga Lebaran


Timika (PAPUANESIA.ID) – Perum Bulog Kantor Cabang Timika, Papua menyatakan persediaan beras pada gudang setempat kini mencapai 1.000 ton atau berada pada kondisi aman untuk kebutuhan hingga Hari Raya Idul Fitri bahkan sampai akhir Mei 2022.

Kepala Kantor Cabang Pembantu Bulog Timika Dedy Rahman di Timika, Senin, mengatakan stok beras jenis medium yang tersedia di gudang-gudang bulog tersebut tidak saja untuk memenuhi kebutuhan warga setempat tetapi sebagian juga dikirim ke Kantor Cabang Pembantu Bulog Wamena.

“Dengan stok yang tersedia 1.000 ton itu cukup untuk kebutuhan di Timika sampai akhir Mei 2022, yang pasti akan ada lagi pengiriman beras dari Merauke di April ini untuk menambah stok di Timika karena sebagian harus dikirim lagi ke Wamena menggunakan pesawat terbang,” katanya.

Menurut Dedy, untuk memenuhi kebutuhan di KCP Bulog Wamena, Bulog Timika akan mengirim 100 ton dan akan ditambah lagi hingga 300 ton.

“Selain dipasok dari Timika, KCP Bulog Wamena juga mendapat pengiriman beras dari Jayapura,” ujarnya.

Dia menjelaskan adapun untuk kebutuhan ASN dan aparat TNI-Polri di Ilaga, Kabupaten Puncak, pengiriman beras bulog ditangani oleh PD Irian Bakti, di mana kini KCP Bulog Timika hanya menangani distribusi beras jenis medium, sedangkan komoditas yang lain seperti minyak goreng dan gula pasir untuk sementara waktu belum tersedia.

“Untuk stok minyak goreng dan gula pasir kini kosong, terakhir pengiriman minyak goreng ke Timika pada Oktober 2021, sekarang belum ada lagi pengiriman meskipun kami sudah mengajukan permintaan karena harga minyak goreng di Timika cukup mahal,” ujarnya.

Dia menambahkan sedangkan untuk gula pasir, jika tak ada kendala tahun ini KCP Bulog Timika akan mendapatkan kiriman gula pasir dari pusat untuk disalurkan ke warga melalui Rumah Pangan Kita (RPK) dan Toko Pangan Kita (TPK) yang berjumlah sekitar 40-50 unit serta tersebar di seluruh Kota Timika.

“Untuk gula pasir kemungkinan KCP Bulog Timika akan mendapatkan pengiriman tahap kedua, waktunya kapan itu yang belum kami tahu persis, hingga kini KCP Bulog Timika belum berencana menggelar operasi pasar khusus beras selama bulan Ramadhan,” katanya lagi.

Sumber: [1]

Related Posts