Home News Jaringan Internet di Merauke Mati, Bupati Konfirmasi ke Telkomsel – Papuanesia.id

Jaringan Internet di Merauke Mati, Bupati Konfirmasi ke Telkomsel – Papuanesia.id

by Papuaku
Jaringan Internet di Merauke Mati, Bupati Konfirmasi ke Telkomsel - seputarpapua.com

MERAUKE | Jaringan internet provider Telkomsel di Kabupaten Merauke, Papua dalam beberapa pekan terakhir mati. Kondisi ini menyebabkan sebagian besar aktivitas terganggu, termasuk pelayanan pemerintahan.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengatakan pemerintah setempat telah melakukan konfirmasi ke pihak PT Telkomsel.

Diberitahukan bahwa ada gangguan kabel optik bawah laut, sekitar 280 kilometer dari Merauke atau di sekitar Tanjung Salak Pulau Kimaam.

“Kabel optik ini sudah dideteksi gangguannya. Telkomsel sudah merencanakan perbaikan,” kata Romanus, Selasa (5/4/2022).

PT Telkomsel, kata dia, akan melakukan perbaikan dengan kapal khusus. Kapal dimaksud telah bergerak dari Ohayo, Jepang menuju ke Kimaam.

“Kapal ini selalu digunakan untuk memperbaiki kerusakan jaringan telekomunikasi bawah laut,” tuturnya.

Menurut penjelasan Telkomsel, jaringan internet di Kabupaten Merauke dan sekitarnya akan kembali normal pada 3-5 Mei 2022.

“Itu pemberitahuan resmi Telkomsel kepada pemerintah daerah. Karenanya kami meneruskan kepada warga,” kata dia.

Romanus mengatakan pelayanan pemerintahan, terutama yang berkaitan dengan sistem daring, tetap berjalan dengan mengandalkan V-Sat.

“Untuk beberapa tower dalam kota telah ditambah kapasitasnya, sehingga jaringan internet masih bisa diakses, sekalipun tidak maksimal,” imbuhnya.

Akubat gangguan internet dalam dua pekan terakhir, warga Merauke berbondong-bondong memburu akses internet di Kantor Telkom maupun di area atau spot yang masih ada jaringan 4G, seperti di Bandara Mopah dan Kantor Bupati.

Keadaan jaringan yang tidak normal itu juga berdampak kepada para jurnalis, yang notabene mengandalkan jaringan internet untuk mengirim maupun mengakses berita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Papuanesia.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Umum
Jaringan Internet di Merauke Mati, Bupati Konfirmasi ke Telkomsel

Sumber: [1]

Related Posts