Home News BPOM Hentikan Sementara Peredaran Kinderjoy, Loka POM Mimika Mulai Sosialisasi – Papuanesia.id

BPOM Hentikan Sementara Peredaran Kinderjoy, Loka POM Mimika Mulai Sosialisasi – Papuanesia.id

by Papuaku
BPOM Hentikan Sementara Peredaran Kinderjoy, Loka POM Mimika Mulai Sosialisasi - seputarpapua.com

TIMIKA | Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi menghentikan peredaran produk cokelat merk Kinder untuk sementara waktu.

Kepala Kantor Loka POM Kabupaten Mimika, Lukas Dosonugroho menjelaskan, pihaknya menjalankan instruksi dari Kepala BPOM pusat mengingat saat ini produk kinderjoy sementara dilakukan uji laboratorium karena produk ini di Inggris, ditemukan adanya bakteri Salmonella.

“Untuk mewaspadai juga di indonesia diperintahkan kinderjoy untuk di hold. Istilahnya jangan dijual dulu tetapi nanti masih dilakukan uji laboratorium. Nanti kalau hasil ujinya aman boleh dijual lagi, tapi kalau hasilnya tidak aman berarti tidak boleh dijual,” jelas Lukas, Selasa (12/4/2022).

Lukas menjelaskan semua produk konderjoy memang dihentikan sementara peredarannya karena pabriknya sama dengan di Inggris, sehingga untuk mengantisipasi maka BPOM perlu melakukan uji lab.

“Tapi sebenarnya yang bermasalah di inggris itu bukan kinderjoy merk ini, ada merk lain, cuman sama-sama pabriknya jadi untuk mengantisipasi keputusan badan POM sementara di hold dulu,” ungkapnya.

Bagi para pengusaha di Mimika jika tidak menjual tentu ada kemungkinan mengalami kerugian sebab jangan sampai hasil uji badan pom belum keluar, produknya sudah kadaluarsa.

Untuk itu, Lukas mengatakan BPOM memberikan pilihan yang pertama jelas jangan dijual hingga hasil uji laboratoriun keluar dari Badan POM.

“Pilihannya adalah dia akan menahan dulu tidak boleh jual. Kedua adalah dia akan mengembalikan ke distributor dan distributor juga harus menerima,” kata Lukas.

Lukas menerangkan pihaknya sementara juga melakukan intensifikasi sekalian memberikan pemahaman kepada pedagang mengenai barang konsumsi yang banyak digemari anak-anak ini.

“Kita juga nanti ke distributor langsung lihat penyebarannya dimana saja baru kita minta untuk kalau bisa ditarik, dan kita minta datanya biar kita datangi,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Papuanesia.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kesehatan
BPOM Hentikan Sementara Peredaran Kinderjoy, Loka POM Mimika Mulai Sosialisasi

Sumber: [1]

Related Posts