Home News Pemerintah Jayapura sebut KMAN merupakan kekuatan bangsa

Pemerintah Jayapura sebut KMAN merupakan kekuatan bangsa

by Papuaku
Pemerintah Jayapura sebut KMAN merupakan kekuatan bangsa


Jayapura (PAPUANESIA.ID) – Pemerintah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menyebut Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) merupakan kekuatan bangsa karena peserta kongres akan diajak untuk tinggal di perkampungan warga pada wilayah itu.

“Itu yang istimewa dari pelaksanaan KMAN, tujuannya jelas peserta bisa langsung merasakan kehangatan dan keramahan warga dan ini wujud dari kekuatan bangsa,” kata kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon dalam siaran pers di Jayapura, Sabtu.

Menurut Gustaf, kongres tersebut merupakan ajang pertemuan antara warga adat di seluruh Indonesia yang akan membahas berbagai persoalan diantaranya pelestarian lingkungan.

“Ini akan menjadi momentum tersendiri yang akan memperlihatkan kekayaan dan kekuatan warga adat nusantara untuk turut terlibat dalam pembangunan sementara festival Danau Sentani tentu akan mendorong kemajuan budaya dan wisata di Papua,” ujarnya.

Dia menjelaskan festival budaya nasional yakni KMAN ke VI, Festival Danau Sentani dan HUT kabangkitan warga adat Kabupaten Jayapura ke IX merupakan momentum besar berskala nasional bahkan internasional karena kehadiran beberapa warga adat dunia.

“Karena pelaksanaan KMAN yang rencananya akan digelar pada 24-30 Oktober 2022 akan dihadiri sebanyak 5.000 peserta termasuk warga adat dari luar negeri,” katanya lagi.

Dia menambahkan suksesnya penyelenggaraan PON XX kemudian Peparnas XVI di Papua telah membuktikan bahwa Papua bisa menggelar iven nasional dengan baik.

“Sehingga kami berharap tiga agenda nasional yang akan berlangsung bisa berjalan dan kami harap warga Papua mendukung serta mensukseskan festival budaya ini,” ujarnya lagi.

Sekadar untuk diketahui panitia KMAN telah melakukan pertemuan dengan Direktur Informasi Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Bambang Gunawan di Jakarta pada Jumat (17/6).

Sumber: [1]

Related Posts