Home Berita Utama Papua Belum Ditemukan Penyakit PMK Pada Hewan – Papuanesia.id

Papua Belum Ditemukan Penyakit PMK Pada Hewan – Papuanesia.id

by Papuaku
Papua Belum Ditemukan Penyakit PMK Pada Hewan - Cepos Online

Papuanesia.id –

JAYAPURA – Menyambut Idul Adha, Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, akui sampai dengan saat ini penyakit PMK yang menyerang hewan sejenis Sapi, Kambing, Domba, Babi dI Papua belum ada laporan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Samuel Siriwa menjelaskan dari semua kabupaten/kota di Provinsi Papua tidak ada laporan terkait penyakit PMK tersebut.

“Sampai dengan saat ini belum ada laporan dari lapangan tentang adanya PMK, dan Dinas pertanian dan Pangan Prov Papua berharap jangan ada kejadian PMK di Papua,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Kamis (30/6) kemarin.

Diakuinya, bahkan untuk menghindari penularan penyakit tersebut, pihaknya juga melarang masuknya daging impor masuk ke Papua, sudah ada edaran untuk larangan masuknya ternak berkuku genap seperti sapi termasuk daging dari luar Papua.

“setiap kab/kota yang mengadakan bibit ternak dari luar Papua juga wajib memperhatikan dari daerah mana ternak tersebut berasal, hewan yang masuk harus dikarantina srlama 14 hari dan dinyatakan negatif PMK,” tambahnya.

Lanjutnya, sebelum sapi disertifikasi dari Karantina, peternak harus mendapat rekomendasi dari daerah tujuan,daerah asal dan surat keterangan kesehatan hewan.

“Kami pastikan di Papua sampai saat ini tidak ada kasus PKM yang menyerang hewan berkuku empat,” tambahnya. (ana)

Continue Reading

Sumber: [1]

Related Posts