Home News KM Bulu Saraung Karam di Sungai Maro Merauke, 11 ABK Dievakuasi Petugas SAR

KM Bulu Saraung Karam di Sungai Maro Merauke, 11 ABK Dievakuasi Petugas SAR

by Papuaku
KM Bulu Saraung Karam di Sungai Maro Merauke, 11 ABK Dievakuasi Petugas SAR

JAYAPURA, Papuanesia.id – KM Bulu Saraung karam di sekitar muara Sungai Maro, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Rabu (6/7/2022). Selurun anak buah kapal (ABK) berjumlah 11 orang dievakuasi selamat petugas SAR gabungan.

Kepala SAR Merauke Supriyanto Ridwan mengakui, insiden kapal karam ini terjadi di sekitar muara Sungai Maro, berjarak 11 kilometer dari Kantor SAR Merauke.

Dia menjelaskan, kecelakaan kapal pertama kali dilaporkan ke petugas siaga pada pukul 03.40 WIT dan langsung direspons dengan meluncurkan satu Rigid Inflatable Boat (RIB) berisi tim penolong berjumlah empat orang untuk upaya pertolongan.

Kondisi KM Bulu Saraung saat itu sudah tinggal setengah badan karena sebagian telah terendam air akibat kapal bocor. Saat tim SAR tiba, seluruh ABK sudah mengamankan diri dengan naik ke atas atap.

“Air sedang surut sehingga cukup menyulitkan proses evakuasi karena takut RIB SAR juga kandas,” katanya, Rabu (6/7/2022).

Menurut keterangan nakhoda, terungkap awalnya kapal sudah akan masuk ke dermaga. Mereka mencari ikan sejak tanggal 28 Juni lalu.

Editor : Donald Karouw

Sumber: [1]

Related Posts