Home News Pemkab Jayawijaya ajak penyuluh bantu warga kembangkan pertanian

Pemkab Jayawijaya ajak penyuluh bantu warga kembangkan pertanian

by Papuaku
Pemkab Jayawijaya ajak penyuluh bantu warga kembangkan pertanian


Wamena (PAPUANESIA.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya mengajak tenaga penyuluh membantu warga mengembangkan produksi pertanian di wilayah tersebut.

Asisten II Setda Jayawijaya Lakius Yikwa di Wamena, Selasa, mengatakan pemerintah akan terus memberikan dukungan bagi petani di mana perlu juga pendampingan dari tenaga pertanian.

“Penyuluh harus tetap semangat dan terus mendorong warga dalam bekerja, bukan hanya bidang pertanian, tetapi dari bidang-bidang lainnya,” katanya. 

Menurut Lakius, berdasarkan data dinas pertanian, Kabupaten Jayawijaya kekurangan tenaga penyuluh untuk ditempatkan di 40 distrik namun hal itu bukan alasan untuk tidak bisa memberikan pendampingan kepada warga.

“Dari 40 distrik baru ada 14 penyuluh di mana yang berstatus ASN hanya 35 orang dan harus bekerja untuk 328 kampung,” ujarnya.

Dia menjelaskan pemerintah setempat sedang berupaya mengisi kekosongan tenaga penyuluh untuk menggantikan tenaga yang sudah meninggal dunia.

“Kami memastikan pengembangan sektor pertanian sejalan dengan visi dan misi bupati bersama wakil, sehingga hal itu tetap menjadi perhatian bagi jajaran dan warga juga sudah mendukung kebijakan pemerintah dimaksud,” katanya lagi.

Dia menambahkan dukungan warga dapat dilihat dengan mulai banyaknya pembukaan lahan-lahan pertanian yang dahulu tidak pernah aktif, misalnya lahan persawahan.

Sumber: [1]

Related Posts