Home News Pemkab Jayapura sebut koperasi miliki peran meningkatkan ekonomi rakyat

Pemkab Jayapura sebut koperasi miliki peran meningkatkan ekonomi rakyat

by Papuaku
Pemkab Jayapura sebut koperasi miliki peran meningkatkan ekonomi rakyat


Jayapura (PAPUANESIA.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Provinsi Papua memastikan koperasi mempunyai peranan penting untuk meningkatkan perekonomian rakyat khususnya pelaku usaha yang ada di kampung.

Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura Joko Sunaryo dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Sabtu, mengatakan untuk itu ke depan koperasi harus mempunyai jenis usaha sesuai potensi daerah seperti pada bidang perikanan dan pertanian.

“Jadi tidak fokus pada usaha simpan pinjam saja tetapi yang lain juga sehingga koperasi yang ada di Kabupaten Jayapura terus bergerak maju untuk meningkatkan ekonomi warga kampung,” katanya saat menutup pelatihan manajemen pengelolaan koperasi bagi pengurus koperasi.

Menurut Joko, berbagai pelatihan yang digelar oleh pemerintah bertujuan untuk menambah pengetahuan pengurus koperasi agar pengelolaannya benar-benar dilakukan dengan baik dan mendatangkan kemakmuran.

“Kami harap ke depan koperasi yang ada di wilayah pembangunan satu dan dua ini juga melihat potensi-potensi itu dan bisa dikembangkan,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap peserta yang mengikuti pelatihan dapat menerapkan pengetahuan yang diterima saat kembali ke kampung supaya tujuan untuk memajukan koperasi bisa terwujud.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura Hariyanto mengatakan melalui pelatihan ke depan koperasi yang selama ini tidak aktif akan didorong untuk kembali aktif.

“Nanti untuk proses pengawasan dan pembinaan kami di bantu tiga ini memiliki pendamping yang sementara akan bekerja,” katanya.

Sebelumnya, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura memberikan pelatihan manajemen pengelolaan koperasi yang berlangsung selama empat mulai dari 19-22 Juni 2022.

Sumber: [1]

Related Posts