Home News Harga cabai rawit di Jayapura masih berkisar Rp90 ribu per kilo gram

Harga cabai rawit di Jayapura masih berkisar Rp90 ribu per kilo gram

by Papuaku
Harga cabai rawit di Jayapura masih berkisar Rp90 ribu per kilo gram


Jayapura (PAPUANESIA.ID) – Harga cabai rawit di Kota Jayapura, Provinsi Papua hingga kini masih berkisar Rp90 ribu per kilo gram hingga Rp100 ribu per kilo gram dan belum nampak terjadi penurunan. 

 

“Memang harga cabai kecil atau rawit masih mahal karena kami beli dari pengumpul juga berkisar Rp80 ribu per kilo gram,” kata Fatimah, salah seorang pedagang yang berjualan di Pasar Hamadi Jayapura, Sabtu. 

 

Menurut Fatimah, sebagian besar komoditi pertanian yang dijualnya dibeli dari Pasar Abepura yakni dari para pengumpul yang juga membeli dari petani yang ada di Arso atau Koya, Kota Jayapura. 

 

“Karena itu kami menjualnya lebih mahal dari harga yang dibeli dari pengumpul, namun rata-rata tidak lebih dari Rp10 ribu per kilo gram,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan tidak mungkin dirinya mengambil untung lebih besar karena banyak saingan di pasar, apalagi, harga cabai jenis lainnya sudah mulai turun. 

 

Saat ini harga cabai padang atau cabai keriting Rp45 ribu per kilo gram, cabai besar Rp60 ribu per kilo gram, cabai hijau Rp30 ribu per kilo gram, tomat Rp20 ribu per kilo gram, buncis Rp15 ribu per kilo gram, kol Rp20 ribu per kilo gram dan wortel Rp25 ribu per kilo gram.

 

Harga bawang merah lokal Rp70 ribu per kilo gram, bawang merah antar pulau Rp80 ribu per kilo gram dan bawang putih Rp45 ribu per kilo gram.

 

Harga ayam potong lokal di Rp45 ribu hingga Rp 75 ribu per ekor tergantung besarnya ayam, daging sapi Rp150 ribu per kilo gram, dan telur ayam ras Rp65 ribu sampai Rp70 ribu per rak yang berisi 30 butir. 

Sumber: [1]

Related Posts