Home News Kumpulan Cerita Rakyat dari Papua, Asal Usul Irian hingga Buaya Ajaib Sungai Tami

Kumpulan Cerita Rakyat dari Papua, Asal Usul Irian hingga Buaya Ajaib Sungai Tami

by Papuaku
Kumpulan Cerita Rakyat dari Papua, Asal Usul Irian hingga Buaya Ajaib Sungai Tami

JAKARTA, Papuanesia.id – Cerita rakyat dari Papua cukup menarik untuk diketahui. Cerita khas dari daerah tersebut akan diulas dalam tulisan ini yang dihimpun dari sejumlah sumber.

Papua merupakan salah satu wilayah di Indonesia, yang terkenal dengan keindahan alamnya. Papua juga memiliki beberapa keunikan lainnya yang mungkin banyak belum diketahui oleh warga Indonesia. 

Berikut beberapa cerita rakyat dari Papua :  

1. Asal Usul Irian

Legenda tentang asal usul Irian. Pada suatu hari di daerah Biak barat di kampung Sopen ada seseorang yang bernama Mananamakrdi yang dibenci oleh warga sekitar karena penyakit kudis. Mananamakrdi kemudian diusir dari desa.

Singkat cerita dia tinggal di Pulau Miokbudi di Biak Timur dan membangun rumah untuk tempatnya bernaung serta berlindung. Namun tak lama setelah itu bahan makanannya dicuri. Ternyata setelah tertangkap pencuri tersebut merupakan sosok peri dan sebagai gantinya Mananamakrdi meminta istri yang cantik dan penyakit kudisnya sembuh.

Dengan berbagai perjalanan, singkat cerita ternyata memang terbukti benar, dia memiliki istri dan sembuh serta kabar baiknya dia memiliki seorang anak yang pada suatu hari menemukan daratan papua yang di teriaki Iriaan. 

Kata Iriaandikenal dalam bahasa Biak berarti Panas dan setelah itu pulau Papua disebut Irian.

Editor : Kurnia Illahi

Sumber: [1]

Related Posts