Home News 10 Sungai Paling Bersih di Indonesia, Sejuk Dikelilingi Pepohonan Rimbun

10 Sungai Paling Bersih di Indonesia, Sejuk Dikelilingi Pepohonan Rimbun

by Papuaku
10 Sungai Paling Bersih di Indonesia, Sejuk Dikelilingi Pepohonan Rimbun

PAPUA, Papuanesia.id – Sungai paling bersih di Indonesia sangat memikat hati wisatawan. Selain airnya bersih dan jernih, suasana serta pemandangan yang bagus menjadi destinasi wisata. 

Indonesia mempunyai banyak sungai yang mempesona. Daya tariknya dengan keindahan pemandangan dan kebersihan sungainya. Selain itu, sungai-sungai tersebut menjadi sumber kehidupan bagi manusia dan juga hewan-hewan. 

Sejumlah di antaranya juga dijadikan destinasi wisata, simak sungai paling bersih di Indonesia:

Terletak di Papua Barat dengan air sungai yang biru bukanlah karena ganggang atau tercemar, namun karena proses alami yang tidak berbahaya. Airnya sangat jernih, sehingga bisa melihat dengan jelas dasar sungai.

Dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun, udaranya sangat sejuk saat berkunjung ke sini. Suhunya bisa mencapai 10-20 derajat celsius. Kalibiru Warsambin terletak di hutan Raja Ampat, tepat di luar Desa Warsambin, Teluk Mayalibit.

2. Sungai Sekonyer

Meski berwarna hitam, namun air sungai di sini sangat bersih. Lokasinya berada di tengah hutan dan bisa memberikan pemandangan alam yang benar-benar indah dan alami.

Terletak di Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, masih banyak orangutan dan rawa gambut disekitarnya. Sungai ini juga sering dijadikan jalur wisata Kapal Klotok yang memasuki Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

3. Sungai Watergong 

Terletak di Klaten, Jawa Tengah, Sungai Watergong. Sungai ini sempat viral di media sosial karena memiliki ikan dan air yang sangat jernih seperti sungai Jepang. Selain itu, pengunjung dapat menikmati beberapa wahana seperti menyusuri sungai dengan ban, naik perahu mini, terapi air dan lain-lain.

Jangan khawatir airnya kotor atau bau karena aliran air sungai ini dikenal bersih. Mereka yang hanya ingin menikmati pemandangan tanpa basah kuyu bisa mencicipi berbagai makanan yang ada di sekitar sungai.

Editor : Kurnia Illahi

Sumber: [1]

Related Posts