Home News Wamendagri: Lembaga kultural MRP punya peran strategis perjuangkan kepentingan OAP

Wamendagri: Lembaga kultural MRP punya peran strategis perjuangkan kepentingan OAP

by Papuaku
Wamendagri: Lembaga kultural MRP punya peran strategis perjuangkan kepentingan OAP


Jakarta (PAPUANESIA.ID) – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menyatakan lembaga kultural Majelis Rakyat Papua (MRP) memiliki peran strategis memperjuangkan dan melindungi kepentingan Orang Asli Papua (OAP).

 

“MRP menyalurkan aspirasi, memperhatikan pengaduan warga adat, umat beragama, kaum perempuan, dan memfasilitasi tindak lanjut penyelesaiannya,” kata Wamendagri John Wempi Wetipo dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

 

Diakui Wetipo, peran strategis MRP memberikan pertimbangan dan persetujuan terhadap bakal calon gubernur dan wakil gubernur serta persetujuan terhadap rancangan peraturan daerah khusus (perdasus) yang diajukan DPRP bersama gubernur.

MRP juga dapat memberikan saran, persetujuan rencana perjanjian kerja sama dibuat pemerintah dengan pihak ketiga menyangkut perlindungan hak OAP.

 

“Tugas lainnya memberikan pertimbangan kepada DPRP, gubernur, DPRD kabupaten/kota, dan bupati/wali kota terkait perlindungan hak-hak OAP serta MRP memiliki kewajiban mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengabdi untuk rakyat Provinsi Papua .

Serta MRP mengamalkan Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, dan menaati segala peraturan perundang-undangan.

Berita ini telah tayang di Papuanesia.id.com dengan judul: Wamendagri: MRP punya peran strategis perjuangkan kepentingan OAP

Sumber: [1]

Related Posts