Home News Kodim Biak Numfor harap warga paham nilai-nilai Pancasila

Kodim Biak Numfor harap warga paham nilai-nilai Pancasila

by Papuaku
Kodim Biak Numfor harap masyarakat paham nilai-nilai Pancasila


Jayapura (PAPUANESIA.ID) – Kodim 1708/Biak Numfor mengharapkan warga di wilayahnya dapat memahami nilai-nilai Pancasila yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pasalnya, melalui pembekalan mengenai “Pancasila sebagai dasar negara” yang diberikan Kodim 1708 diharapkan dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari, karena dengan mencontoh sikap-sikap yang ada di dalam sila Pancasila maka hidup akan lebih aman dan damai.

 

Pasiter Kodim 1708/BN Kapten Inf Sutrisno Baktiar dalam siaran pers Penerangan Kodim Biak Numfor di Jayapura, Sabtu, mengatakan kegiatan TMMD ke-115 memiliki dua kegiatan yaitu sasaran fisik berupa pembuatan pembangunan kemudian sasaran non fisik.

 

“Pemberian materi tersebut merupakan bagian dari kegiatan TMMD ke-115 sehingga memberikan pemahaman kepada warga mengenai makna dari Pancasila, dengan begitu diharapkan dapat menjadi pedoman hidup,” katanya.

 

Menurut Sutrisno, Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa, memiliki fungsi utama sebagai dasar negara Indonesia. 
 

“Pancasila menempati kedudukan yang paling tinggi, sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sebagai sumber hukum dasar nasional dalam tata hukum di Indonesia,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan Pancasila merupakan falsafah negara, di mana pengertian ini menjadikan suatu dasar nilai norma untuk mengatur pemerintahan atau penyelenggaraan negara.

 

“Secara bahasa, Pancasila dapat diartikan sebagai lima peraturan dasar yang berkenaan dengan tingkah laku yang baik, dan secara istilah Pancasila diartikan sebagai lima aturan tingkah laku yang sifatnya penting atau dasar yang mempunyai lima unsur,” katanya lagi. 

 

Sebelumnya telah dilakukan pembekalan tentang Kampung Pancasila yang bertempat di Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua Sabtu (22/10).

Sumber: [1]

Related Posts