Home News Geger, 2 Bom Udara Berdaya Ledak Tinggi Ditemukan di Timika

Geger, 2 Bom Udara Berdaya Ledak Tinggi Ditemukan di Timika

by Papuaku
Geger, 2 Bom Udara Berdaya Ledak Tinggi Ditemukan di Timika

MIMIKA, Papuanesia.id – Dua benda diduga bom udara ditemukan warga Timika Pantai, Distrik Mimika Tengah, Kabupaten Mimik, Papua. Peledak ini merupakan sisa peninggalan perang dunia ke-2.

Wadanyon Brimob Yon B Timika AKP Rosman Mansur Latukonsina dan tim gabungan yang menerima informasi kemudian mendatangi dermaga Kampung Timika Pantai bersama sejumlah aparat kampung dan 50 warga untuk mengevakuasi benda tersebut, Rabu (26/10/2022).

Penanganan dilakukan tim Jibom Gegana Yon B Mimika dengan melakukan pemeriksaan fisik dari barang temuan tersebut. Hasilnya, benda A memiliki panjang 110 cm dan lingkaran diameter utuh 95 cm.

Benda kedua memiliki panjang 82 cm dan lingkar diameter 85 cm berjenis high explosive, berbentuk oval dan sudah berkarat serta masih aktif.

“Kedua benda ini sudah diamankan sebelumnya oleh warga dan disimpan di atas ban bekas, kemudian kami bawa dengan diangkut kapal milik Satpolair untuk dimusnahkan sesuai SOP yang berlaku,” ujar Rosman, Rabu (26/10/2022).

Dia mengucapkan banyak terima kasih kepada warga, kepala Kampung, kepala Distrik serta warga Kampung Timika Pantai yang telah memberikan informasi kepada petugas.

Dia berharap, apabila ada warga yang menemukan barang seperti ini lagi agar tidak dipakai main-main. Sebab benda ini berbahaya dan disebut bom udara (aircraf bom). Karena sudah terkena benturan air dan tanah lembek, benda tersebut mulai berkarat serta tidak ada pemicu sehingga tidak meledak.

“Benda ini peledak yang masih aktif dan berbahaya sehingga diharapkan warga tidak main-main dengan barang atau benda seperti ini,” ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Sumber: [1]

Related Posts