Home News Danjen Kopassus Ini Penakluk Gunung Tertinggi di Dunia dan Punya 9 Brevet 

Danjen Kopassus Ini Penakluk Gunung Tertinggi di Dunia dan Punya 9 Brevet 

by Papuaku
Danjen Kopassus Ini Penakluk Gunung Tertinggi di Dunia dan Punya 9 Brevet 

JAKARTA, Papuanesia.id – Danjen Kopassus saat ini dipegang Mayjen TNI Iwan Setiawan. Dia merupakan pemegang tongkat komando Kopassus yang ke-35 dan tercatat memiliki sembilan brevet atau tanda penghargaan baik dari dalam dan luar negeri.

Iwan merupakan lulusan Akmil 1992 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Prajurit kelahiran Bandung ini pernah menjabat sebagai Danyon 22 Grup 2 Kopassus pada 2018. Di korps ini pula sebuah catatan gemilang pernah diukirnya.

Bahkan, dia pernah mengharumkan Indonesia di mata dunia saat ikut ekspedisi pendakian ke puncak gunung tertinggi di dunia yang digagas Danjen Kopassus saat itu Mayjen TNI Prabowo Subianto.

Iwan yang ketika itu berpangkat letnan satu menjadi satu di antara tiga prajurit Kopassus yang berhasil menancapkan Bendera Merah Putih di Puncak Everest. Dia menaklukkan gunung tertinggi di dunia tersebut bersama Sertu Misirin dan Pratu Asmujiono. 

Berikut daftar brevet yang dimiliki Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan :

1. Brevet Kualifikasi Komando Kopassus

Brevet ini disandang prajurit yang telah menyelesaikan pendidikan komando Kopassus selama tujuh bulan. Dalam jangka waktu tersebut terdapat beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi. Sebagai seorang Danjen Kopassus, Iwan Setiawan memiliki brevet ini.

2. Brevet Free Fall

Free Fall atau brevet terjun bebas didapat seorang prajurit yang telah menempuh pelatihan khusus terjun bebas. Dilansir dari situs tni.mil.id, biasanya pelatihan ini dilakukan pada ketinggian 6.000 kaki di atas permukaan laut.

Editor : Donald Karouw

Sumber: [1]

Related Posts