Home News Profil Nikolaus Kondomo, Jaksa Putra Daerah Dilantik Jadi Pj Gubernur Papua Pegunungan

Profil Nikolaus Kondomo, Jaksa Putra Daerah Dilantik Jadi Pj Gubernur Papua Pegunungan

by Papuaku
Dilantik Jadi Pj Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo : Semua karena Kasih Tuhan

JAKARTA, Papuanesia.id – Nikolaus Kondomo dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan. Dia sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua.

Nikolaus merupakan putra asli Papua kelahiran Merauke. Dia menjadi orang Papua pertama di Korps Adhyaksa yang menduduki posisi eselon I di Kejaksaan RI.

Dalam kariernya sebagai Jaksa, dia memulai dengan mengisi jabatan struktural sebagai Kasi Intel Kejari Sorong. Kemudian menjadi Kajari Fakfak dan Asisten Pidana Khusus pada Kejati Papua.

Kemudian kariernya berlanjut di luar Papua dengan menjabat sebagai Kajari Sleman, Asisten Pengawasan Kejati Jawa Timur dan promosi menjadi Koordinator pada Jam Datun.

Di Korps Adhyaksa, kariernya terus melejit dan dipercaya menjadi Wakil Jaksa Tinggi Kalimantan Tengah lalu kembali ke Papua sebagai Wakil Jaksa Tinggi Papua dan Kajati Papua.

Sebelum dilantik sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus mendapat promosi jabatan dengan diangkat menjadi Staf Ahli Bidang Hubungan Antarlembaga dan Kerja Sama Internasional pada Kejaksaan Agung.

Nikolaus menjadi Pj Gubernur Papua Pegunungan dengan wilayah mencakup Kabupaten Jayawijaya (Ibu Kota Provinsi), Kabupaten Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Nduga, Tolikara, Yahukimo, Yalimo dan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Seusai dilantik, Nikolaus mengucap syukur dan mengaku akan mengemban amanah serta kepercayaan yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

“Pertama saya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas kasih Tuhan, menunjuk saya untuk memimpin Papua Pegunungan. Kedua kepada pemerintah, kepercayaan pemerintah negara melalui Bapak Presiden Joko Widodo memberikan kepada kami untuk memimpin Tanah Papua,” kata Nikolaus di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Editor : Donald Karouw

Sumber: [1]

Related Posts