Home News BBKSDA Gagalkan Penyelundupan 22 Satwa Dilindungi di Pelabuhan Sorong

BBKSDA Gagalkan Penyelundupan 22 Satwa Dilindungi di Pelabuhan Sorong

by Papuaku
BBKSDA Gagalkan Penyelundupan 22 Satwa Dilindungi di Pelabuhan Sorong

SORONG, Papuanesia.id – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua Barat menemukan 22 satwa dilindungi yang diangkut menggunakan kapal Pelni di Pelabuhan Sorong, Minggu (20/11/2022). Puluhan hewan itu diduga hendak diselundupkan ke wilayah lain.

“Kita dapat informasi dari penggiat konservasi baik perorangan maupun organisasi yang menyebutkan adanya dugaan penyeludupan satwa endemik Papua di atas kapal. Kami juga sekaligus melakukan kegiatan rutin terpadu bersama instansi teknis lainnya,” kata Kepala BBKSDA Papua Barat John Santoso, Minggu (20/11/2022).

Sejumlah satwa dilindungi yang ditemukan itu dikemas dalam tas pakaian dan disimpan pada tempat tidur penumpang. Terduga pelaku penyelundupan yang diduga oknum aparat keamanan pun kabur saat petugas memeriksa tempat tidur penumpang kelas ekonomi.

Adapun secara total BBKSDA menemukan 24 satwa. Sebanyak 22 di antaranya berstatus dilindungi di antaranya enam ekor burung kasuari, 10 ekor burung mambruk, dan enam ekor burung kasturi.

“Selanjutnya Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat akan membawa satwa ini untuk dikarantina sebelum dilepas liarkan ke alamnya,” kata John.

Sedangkan terduga pelaku masih dalam proses pencarian. Mengingat saat ditemukan, penumpang yang membawa satwa tersebut sudah melarikan diri.

Editor : Rizky Agustian

Sumber: [1]

Related Posts