Home News Kasus Dugaan Makar, 3 Orang di Manokwari Jadi Tersangka dan Langsung Ditahan

Kasus Dugaan Makar, 3 Orang di Manokwari Jadi Tersangka dan Langsung Ditahan

by Papuaku
Kasus Dugaan Makar, 3 Orang di Manokwari Jadi Tersangka dan Langsung Ditahan

MANOKWARI, Papuanesia.id – Sebanyak tiga orang ditetapkan sebagai tersangka dugaan makar dalam aksi memperingati hari jadi West Papua New Guinea (WPNG) di Kawasan Terminal Wosi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Ketiga tersangka ini berdasarkan hasil pemerikaan polisi usai mengamankan 15 orang di aksi tersebut.

“Dari 15 orang yang diperiksa, tiga orang di antaranya ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan. Mereka yakni AN, YK dan AB. Ketiganya dijerat Pasal 106 KUHP tentang Makar,” ujar Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom, Senin (28/11/2022).

Menurutnya, ketiga tersangka memiliki peranan berbeda dalam aksi yang bertentangan dengan aturan hukum. Pertama tersangka AN sebagai aktor utama yang berperan sebagai penghubung antara Manokwari Papua Barat dengan oknum yang disebut sebagai presiden kelompok WPNG tersebut.

“Tersangka AN akui punya hubungan langsung dengan seorang oknum di negara Belanda yang dianggap sebagai presiden, tersangka YK berperan sebagai koordinator aksi di Terminal Wosi Manokwari. Kemudian tersangka AB berperan sebagai penghubung warga lokal Papua Barat,” katanya.

Hasil pemeriksaan diketahui puluhan orang yang hadir dalam aksi kelompok WPNG. Mereka ,erupakan warga asal Kabupaten Kaimana, Fakfak dan Maybrat yang berkumpul dan menggelar aksi bersama di Terminal Wosi Manokwari.

Editor : Donald Karouw

Sumber: [1]

Related Posts