Home News Wamendagri Tegaskan 80 Persen ASN di 3 DOB Baru Harus Orang Asli Papua

Wamendagri Tegaskan 80 Persen ASN di 3 DOB Baru Harus Orang Asli Papua

by Papuaku
Pj Gubernur 3 DOB Papua Segera Dilantik, Ini Kata Wamendagri John Wempi Wetipo

MERAUKE, Papuanesia.id – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Watipo menyebut pemerintah masih mencari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan Orang Asli Papua (OAP) untuk mengisi kuota ASN di tiga Daerah Otonom Baru (DOB). Hal ini disampaikan saat mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin audiensi dengan Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dan pejabat Forkompinda lainnya.

“Terkait pengisian pejabat ASN di 3 DOB baru, saya sampaikan 80 persen memang harus orang asli daerah. Jadi tidak ada dari pusat karena banyak putra-putri daerah memenuhi syarat, namun tidak banyak juga yang mendaftar,” ujar John Wempi di Merauke, Rabu (30/11/2022).

Menurutnya, satu provinsi butuh 1.056 ASN, tapi di Papua Selatan baru terisi 900 ASN dari kebutuhan 1.056. Diharapkan kekurangan ini bisa segera terisi karena banyak pegawai di provinsi induk kurang lebih 11.000 ASN.

“Saya berharap Bapak Ibu membuka diri untuk menerima saudara-saudara dari provinsi induk untuk mengambil peran dalam pengisian jabatan dan penyelenggaraan pemerintahan di 3 DOB,” katanya.

Diketahui, dalam Pasal 14 ayat 4 UU DOB disebutkan ASN sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diprioritaskan PNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja OAP yang karena tugas dan kemampuannya diperlukan untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan Provinsi Papua Selatan.

Editor : Donald Karouw

Sumber: [1]

Related Posts