Home News Misteri Goa Kontilola di Lembah Baliem, Benarkah Bukti Alien Pernah Tinggal di Papua ?

Misteri Goa Kontilola di Lembah Baliem, Benarkah Bukti Alien Pernah Tinggal di Papua ?

by Papuaku
Misteri Goa Kontilola di Lembah Baliem, Benarkah Bukti Alien Pernah Tinggal di Papua ?

JAKARTA, Papuanesia.id – Pernah mendengar nama Goa Kontilola? Goa ini berada di Lembah Baliem, Papua yang memiliki lukisan purba misterius manusia mirip alien dalam dinding-dindingnya.

Memang ada banyak pesona di Tanah Papua. Pulau di paling timur Indonesia ini belum banyak terjamah manusia dan menyimpan banyak misteri yang menjadi daya tarik tersendiri.

Salah satunya lukisan purba di Goa Kontitola yang terletak di Distrik Kurulu, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. Lukisan ini diyakini peninggalan orang-orang zaman dahulu. Menariknya, bentuk gambar di dinding goa bukan seperti manusia, namun lebih mirip alien yang keberadaannya masih menjadi kontroversi. Tapi benarkah itu gambar alien?

Goa Kontilola terletak di ketinggian 1.650 meter di atas permukaan laut (mdpl) jaraknya sekitar 25 km sebelah Barat Daya Kota Wamena, ibu kota Jayawijaya sekaligus pusat pemerintahan provinsi baru, Papua Pegunungan. Selama ini, goa tersebut dikenal sebagai destinasi wisata bagi wisatawan yang berkunjung di Lembah Baliem.

Perjalanan menuju ke sana tidak mudah. Pengunjung harus mendaki perbukitan terjal dan menaiki anak tangga untuk mencapai mulut goa. Karakteristik Goa Kontilola sama dengan gua-gua lainnya, yakni gelap, lembab, banyak kelelawar serta memiliki stalaktit maupun stalakmit yang mempesona.

Namun dengan munculnya beragam teori konspirasi, salah satunya persoalan alien membuat goa ini menjadi populer. Ada yang beranggapan goresan di dinding goa sebagai bukti alien pernah tinggal di bumi, khususnya Papua.

Lukisan purba misterius yang disebut mirip alien dalam Goa Kontilola di Lembah Baliem, Wamena, Papua Tengah. (Foto : iNews/Edy Siswanto)

Editor : Donald Karouw

Sumber: [1]

Related Posts