Home News Kenapa Papua Kaya Akan Tambang Emas ? Inilah Cerita dari Tanah Keajaiban

Kenapa Papua Kaya Akan Tambang Emas ? Inilah Cerita dari Tanah Keajaiban

by Papuaku
Kenapa Papua Kaya Akan Tambang Emas ? Inilah Cerita dari Tanah Keajaiban

JAKARTA, Papuanesia.id – Kenapa Papua kaya akan tambang emas? Inilah sedikit cerita dari Papua, tanah yang penuh keajaiban.

Papua terletak di Pulau Papua yang merupakan pulau terbesar di Indonesia. Bahkan Papua tercatatat sebagai pulau kedua terbesar di dunia setelah Greenland.

Luas wilayah Papua mencapai 785.753 km2 yang terbagi menjadi dua wilayah yaitu bagian barat milik NKRI dan timur milik Papua Nugini.

Papua dikenal dunia internasional dengan sebutan Guinea Baru atau Nugini atau dulu pernah disebut dengan Irian atau Irian Jaya

Pulau ini bentuknya menyerupai burung cendrawasih dan terdapat gunung tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Jaya (4.884 m). Selain itu ada beberapa gunung tertinggi lainnya yang tersebar di wilayah Papua.

Nah, Papua kaya akan tambang emas karena banyaknya daerah pegunungan sebagai hasil subduksi lempeng Benua Indo-Australia dan lempeng Samudera Pasifik-Caroline.

Letak Indonesia di wilayah pertemuan lempeng tektonik dunia sehingga membuat negara ini berada pada posisi cincin api. Inilah yang menjadikan wilayah Indonesia kaya akan potensi sumber daya alam melimpah, baik dari segi laut, darat, hutan dan tambang.

Potensi kekayaan tambang yang melimpah di Papua ditunjukkan dengan banyaknya daerah pertambangan. Salah satunya PT Freeport Indonesia.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Sumber: [1]

Related Posts