Home News Gempa Bumi M5,1 Guncang Waropen Papua, BMKG Minta Warga Tetap Tenang

Gempa Bumi M5,1 Guncang Waropen Papua, BMKG Minta Warga Tetap Tenang

by Papuaku
Gempa Bumi M5,1 Guncang Waropen Papua, BMKG Minta Warga Tetap Tenang

JAKARTA, Papuanesia.id – Gempa bumi magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Kirihi, Kabupaten Waropen, Papua, Rabu (11/1/2023) pukul 14.59 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa terjadi akibat adanya aktivitas deformasi dalam Lempeng Papua.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada titik koordinat 2,80 derajat Lintang Selatan, 137,04 derajat Bujur Timur pada kedalaman 62 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas deformasi dalam lempeng Papua.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar-turun (oblique-normal),” ujarnya, Rabu (11/1/2023).

Dia mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter update dengan magnitudo M4,9. Guncangan gempa berdampak dan dirasakan di daerah Nabire dengan skala intensitas III Modified Mercally Intensity (MMI) atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Sumber: [1]

Related Posts