Home News 3 Senjata Sniper Buatan Indonesia yang Diakui Dunia, Canggih dan Mematikan

3 Senjata Sniper Buatan Indonesia yang Diakui Dunia, Canggih dan Mematikan

by Papuaku
3 Senjata Sniper Buatan Indonesia yang Diakui Dunia, Canggih dan Mematikan

JAKARTA, Papuanesia.id – Indonesia mampu memproduksi senjata sniper canggih yang mendunia. Bahkan kemampuan tak kalah dengan senjata buatan luar negeri.

Senjata sniper buatan Indonesia dibuat sebagai perlindungan wilayah keamanan negara. Sebagai warga Indonesia pun paptut  bangga dengan kemampuan menciptakan senjata sendiri.Bahkan senjata pertahanan buatan Indonesia beberapa juga sudah ada yang diakui dunia.

PT Pindad (Persero) menjadi salah satu bagian atas terciptanya senjata pertahanan buatan Indonesia. Berbagai produk telah tercipta mulai dari senjata sniper sampai kendaraan tempur.

Saat ini terdapat tiga jenis senjata sniper buatan Indonesia yang masing-masing selalu diupgrade dalam bentuk berbagai versi. 

Deretan 3 senjata sniper buatan Indonesia :

1. Senapan Serbu (SS-1)

Senapan Serbu SS-1 merupakan salah satu senapan yang digunakan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Senapan ini juga diproduksi PT Pindad yang diproduksi di Indonesia dengan berbagai jenis dan spesifikasinya. 

Senjata sniper buatan Indonesia salah satunya Senapan Serbu (SS-1). (Foto : PT Pindad)

SS1-M1 Kal. 5.56 mm

SS1-M1 dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan satuan Marinir di kalangan TNI-AL. SS-M1 dibuat tahan terhadap karat sehingga dapat dioperasikan di wilayah laut dan perairan.

SS1-V1 Kal. 5.56 mm

SS1-V1 Kal. 5.56 merupakan senapan serbu yang diadopsi langsung dari FN FNC. Dengan berat kosong 4,02 kg dan berat isi 4,38 kg serta munisi 5.56 x 45 mm standar NATO dan panjang laras 449 mm, SS1-V1 dapat menembak sangat akurat sampai jarak 400 meter. 

SS1-V2 Kal. 5,56 mm

Hampir sama dengan SS1-V1 senapan SS1-V2 ini memiliki perbedaan pada berat kosong 3,93 kg dan berat isi 4,29 kg jadi lebih ringan dari versi sebelumnya. Kemudian punya panjang laras yang lebih pendek sebesar 363 mm. Amunisi yang digunakan menggunakan kaliber 5.56 x 45 mm standar NATO. 

SS1-V5 Kal. 5.56 mm

SS1-V5 ini berjenis carbine yang dirancang untuk pertempuran jarak dekat. SS1-V5 di desain dengan berat isi yang lebih ringan hanya 3,73 kg, laras yang lebih pendek sebesar 252 mm serta dimensi yang lebih singkat.

Spesifikasi tersebut dibuat agar dikhususkan pada pertempuran kota yang memerlukan mobilitas tinggi serta akurasi jarak dekat yang baik.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Sumber: [1]

Related Posts