ILUSTRASI. Petugas memeriksa meteran listrik di Rumah Susun Bendungan Hilir, Jakarta. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara Persero) akan kembali mencatat meteran listrik secara langsung ke rumah-rumah pelanggan pascabayar untuk tagihan bulan Juni 2020.
Petugas PLN akan menyambangi rumah pelanggan mulai akhir bulan ini. “Kegiatan pencatatan meteran listrik itu akan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona,” ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan Bob Saril.
Mulai akhir Mei ini, petugas PLN akan kembali mencatat ke rumah pelanggan untuk rekening Juni. “Nantinya, petugas akan menggunakan standar alat pelindung diri (APD untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik dengan penggunaan listrik oleh pelanggan,” terang Bob dalam keterangan resmi, Selasa (19/5).
Baca Juga: IESR: Peluang PLN cetak profit di tahun ini berat
Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), PLN sejatinya sudah menyiapkan layanan lapor stand meter mandiri (baca meter mandiri) melalui aplikasi WhatsApp PLN dengan nomor 08122123123.
Pelanggan bisa melapor secara mandiri untuk menentukan tagihan listrik yang akan dikenakan. Laporan mandiri bisa dilakukan pada tanggal 24 sampai 27 setiap bulannya. Jika laporan pelanggan dinyatakan valid, PLN akan menjadikan hal itu sebagai prioritas utama perhitungan rekening listrik.
“Jadi, kalau pelanggan mengirimkan angka stand kwh meter dan kami nyatakan valid, kami akan menggunakan laporan tersebut sebagai dasar perhitungan rekening. Meskipun petugas catat meter mengunjungi rumah pelanggan,” jelasnya.
Baca Juga: Listrik gratis PLN bulan Mei masih dapat diakses disini
DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.
Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.