Home News SpaceX Akan Kirim Astronot NASA ke Luar Angkasa Sabtu Ini, Begini Perkiraan Ahli Meteorologi

SpaceX Akan Kirim Astronot NASA ke Luar Angkasa Sabtu Ini, Begini Perkiraan Ahli Meteorologi

by Papua Damai
SpaceX Akan Kirim Astronot NASA ke Luar Angkasa Sabtu Ini, Begini Perkiraan Ahli Meteorologi

FLORIDA, iNews.id – SpaceX kembali membuat persiapan akhir untuk misi Demo-2. Upaya peluncuran awal ditunda karena kondisi cuaca buruk di Kennedy Space Center di Florida.

NASA dan SpaceX mempunyai misi yang akan menandai peluncuran kru pertama dari Amerika Serikat di hampir satu dekade. Selain itu, misi juga akan memperlihatkan astronot naik kendaraan SpaceX Crew Dragon untuk pertama kalinya.

Namun, misi tersebut tertunda akibat cuaca buruk. Peluang peluncuran berikutnya akan terjadi pada Sabtu, 30 Mei 2020 pukul 15.22 E.T. Tapi, perkiraan saat ini tidak menjanjikan karena cuaca tidak menentu di daerah tersebut.

Seorang ahli meteorologi di weather.com Jonathan Belles mengatakan kepada Digital Trends yang dikutip iNews.id, Jumat (29/5/2020), peluncuran hari Sabtu hampir tidak mungkin terjadi.

“Kedinginan musim dingin yang melambat akhir musim diperkirakan meresap ke utara Florida akhir pekan ini, membawa udara pekat dan badai petir ke sebagian besar semenanjung pada siang hari,” kata Belles.

Namun, ahli meteorologi mengatakan ada kemungkinan kecil badai akan tinggal cukup jauh dari Kennedy Space Center, sehingga peluncuran bisa aman. Tapi, dia juga tetap memberikan peringatan.

“Seperti yang kita lihat dengan upaya pertama, itu tidak menjadikan hujan atau bahkan gemuruh di launchpad menyebabkan kekhawatiran. Peluncuran dibatalkan karena terlalu banyak listrik di udara yang tersisa akibat badai sebelumnya dan mereka khawatir peluncuran tersebut bisa memicu sambaran pintar,” ujarnya.

Belles juga mencatat bagaimana kondisinya tidak hanya harus sesuai di lokasi peluncuran, tapi juga seluruh atmosfer dan jarak yang roket SpaceX dan kapsul kru akan naik di atas Atlantik.

“Tampaknya sangat tidak mungkin lintasan peluncuran ini akan benar-benar hampa hujan karena front dingin itu dan juga bisa menghambat upaya peluncuran akhir pekan ini,” kata Balles.

Editor : Dini Listiyani

Read More

Related Posts