Home News Daftar Vaksin Corona yang Berhasil Ciptakan Antibodi Penangkal COVID-19

Daftar Vaksin Corona yang Berhasil Ciptakan Antibodi Penangkal COVID-19

by Papua Damai
Daftar Vaksin Corona yang Berhasil Ciptakan Antibodi Penangkal COVID-19

Jakarta

Pengembangan vaksin Corona semakin menunjukkan hasil yang memuaskan. Dari ratusan vaksin COVID-19 yang dikembangkan di seluruh dunia, setidaknya terdapat beberapa vaksin yang berhasil menciptakan antibodi penangkal virus Corona.

Vaksin tersebut sudah memasuki tahap uji klinis pada manusia. Bahkan di China, vaksin COVID-19 yang dikembangkan disebut mulai bisa digunakan untuk darurat pada September mendatang.

Vaksin memang disebut sebagai salah satu metode yang ampuh untuk mengakhiri pandemi virus Corona yang saat ini sudah menginfeksi lebih dari 8 juta orang di seluruh dunia.

Berikut daftar vaksin Corona yang disebut berhasil menciptakan antibodi penangkal COVID-19 dikutip detikcom dari berbagai sumber.

1. Ad5-nCoV

Vaksin buatan Beijing Institute Biotechnologies dan CanSino Biological bernama Ad5-nCoV telah berhasil memicu antibodi penawar pada puluhan pasien. Ad5-nCoV adalah vaksin virus Corona pertama yang masuk dalam uji klinis manusia di China.

Vaksin ini telah diuji coba ke manusia sejak Maret 2020 lalu yang dilakukan pada sukarelawan berusia 18-60 tahun. Vaksin ini menggunakan adenovirus untuk mengirimkan materi genetik yang berisi kode protein SARS-CoV-2.

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Lancet, Ad5-nCoV aman digunakan efektif untuk respons kekebalan tubuh setelah diuji pada manusia.

Semua peserta yang diberi dosis vaksin dengan berbagai tingkatan memicu respons kekebalan dalam bentuk antibodi yang mengikat setelah dua minggu vaksinasi. Setelah 28 hari, vaksin Ad5-nCoV tampak ditoleransi dengan baik pada semua dosis tanpa efek samping yang serius pada semua peserta.

2. CoronaVac

Perusahaan bioteknologi asal China, Sinovac, mengumumkan hasil studinya yang menunjukkan vaksin COVID-19 yang mereka kembangkan atau CoronaVac menghasilkan respons kekebalan virus Corona

Lebih dari 90 persen kandidat sukarelawan yang disuntik vaksin pada interval 14 hari telah menginduksi antibodi penawar COVID-19. Temuan ini berdasarkan hasil uji coba fase I dan II di China dengan 734 sukarelawan yang sehat berusia 18-59 tahun.

“Penelitian di fase I dan II kami menunjukkan CoronaVac aman dan dapat memicu respons kekebalan,” tutur CEO Sinovac Weidong Yin dalam sebuah pernyataan dikutip dari STAT News.

3. mRNA-1273

Vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan biotek Moderna di Amerika Serikat dengan nama mRNA-1237 juga disebut berhasil menciptakan antibodi penangkal virus Corona COVID-19. Berdasarkan penelitian perusahaan, antibodi dari 8 orang yang diujicobakan mampu menghasilkan antibodi Covid-19. Antibodi tersebut sama dengan para ‘survivor’ yang pernah tertular Covid-19.

Setelah uji klinis tahap 1 dan 2 disebut berhasil, kini Moderna akan melakukan pengujian vaksin COVID-19 tahap 3 dengan 30 ribu sukarelawan yang akan dimulai pada Juli 2020 mendatang.

Moderna disebut memiliki kemampuan untuk memproduksi 500 juta hingga 1 miliar dosis vaksin COVID-19 per tahun. Perusahaan ini menerima dana dari pemerintah AS untuk mengembangkan vaksin, melakukan tes dan meningkatkan produksi dengan tujuan memvaksinasi 300 juta orang di awal tahun depan.

Simak Video “Eijkman Identifikasi Tipe Virus untuk Vaksin Corona di Indonesia

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)

Read More

Related Posts