Home News Dexamethasone Viral Jadi Obat Corona, BPOM Angkat Bicara

Dexamethasone Viral Jadi Obat Corona, BPOM Angkat Bicara

by Papua Damai
Dexamethasone Viral Jadi Obat Corona, BPOM Angkat Bicara
Kompas TV nasional berita kompas tv

Jumat, 19 Juni 2020 | 08:30 WIB

dexamethasone-viral-jadi-obat-corona-bpom-angkat-bicara

(Sumber: -)

KOMPASTV – Obat Dexamethasone yang dipakai untuk pasien corona kian mencuri perhatian. Seperti mengutip BBC, 5.000 pasien positif virus corona di Inggris berhasil sembuh setelah mengkonsumsi obat Dexamethasone.

Kabar baik tentang berhasilnya obat Dexamethasone membuat pihak WHO angkat bicara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyambut baik atas hasil uji klinis awal terhadap obat dexamethasone ini,

“Ini adalah pengobatan pertama yang ditunjukkan untuk mengurangi angka kematian pada pasien dengan Covid-19 yang membutuhkan dukungan oksigen atau ventilator,” ujar Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus sperti mengutip Who.int.

Bicara penggunaan Dexamethasone di Indonesia, BPOM ikut angkat bicara.

“Kita menyambut baik, hasil penelitian di UK yang menunjukkan bahwa Dexamethasone dapat menurunkan angka kematian dan angka lama dirawat di RS pada pasien covid 19 dengan derajat berat yang menggunakan ventilator. Dexamethasone ini golongan steroid. Di Indonesia penatalaksanaan covid-19 derajat berat juga menggunakan steroid yaitu Hidrokortison,” seru dokter Riska, Direktur Registrasi Obat BPOM RI saat dihubungi KompasTV, Jumat (19/6/2020).

Selain kini digunakan sebagai obat untuk pasien corona, dokter Riska juga menyebut Dexamethasone sebelumnya dipakai untuk mengobati 10 penyakit yang direkomendasikan.

Editor : Ade Indra Kusuma

Halaman Selanjutnya :


BERITA LAINNYA

Read More

Related Posts