Home News Riset, Golongan Darah Ini Bisa Terinfeksi Covid-19 Serius

Riset, Golongan Darah Ini Bisa Terinfeksi Covid-19 Serius

by Papua Damai
Riset, Golongan Darah Ini Bisa Terinfeksi Covid-19 Serius

Internasional

Tech – Rehia Sebayang, CNBC Indonesia

19 June 2020 09:25

FILE - In this May 25, 2020, file photo, a lab technician extracts a portion of a COVID-19 vaccine candidate during testing at the Chula Vaccine Research Center, run by Chulalongkorn University in Bangkok, Thailand. As the race for a vaccine against the new coronavirus intensifies, many rich countries are rushing to the front of the line by placing advance orders for the inevitably limited supply to guarantee their citizens are immunized first.  (AP Photo/Sakchai Lalit, File)

Risiko Covid-19 yang parah adalah 45% pada orang yang bergolongan darah A. Sementara tampaknya akan lebih rendah 35% untuk orang dengan tipe darah O.

Hal ini terungkap dalam laporan Reuters, Jumat (19/6/2020). Saat puncak epidemi di Eropa terjadi, peneliti menganalisa 4.000 gen untuk mencari variasi yang umum pada mereka yang terinfeksi dan bagaimana Covid-19 makin serius.

Salah satu peneliti bernama Dr Tom Karlsen dari Rumah Sakit Universitas Oslo di Norwegia mengatakan temuan ini memberi petunjuk spesifik tentang proses penyakit yang mungkin terjadi. “Namun penelitian tambahan perlu dilakukan,” tulis Reuters mengutipnya.


Sementara itu pakar genetika AS dari National Institutes of Health menilai penelitian ini harus membuat orang bisa memahami lebih lanjut soal biologi Covid-19.

“Tes genetik dan golongan darah seseorang mungkin jadi alat yang berguna untuk mengidentifikasi mereka yang mungkin berisiko lebih besar terkena penyakit serius,” katanya dalam sebuah blog.

(sef/sef)

SHARE

Read More

Related Posts