Home News Cek di Sini! Waktu Puncak untuk Lihat Gerhana Matahari Cincin di Sumut

Cek di Sini! Waktu Puncak untuk Lihat Gerhana Matahari Cincin di Sumut

by Papua Damai
Cek di Sini! Waktu Puncak untuk Lihat Gerhana Matahari Cincin di Sumut

Medan

Gerhana matahari cincin bakal terlihat di Sumatera Utara (Sumut) hari ini. Kapan waktu puncak gerhana matahari akan terlihat di Sumut?

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Tuntungan, Teguh Rahayu, mengatakan gerhana yang teramati dari Sumut pada Minggu (21/6/2020) merupakan gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana antara 0,092 di Teluk Dalam (Nias Selatan) hingga 0,189 di Stabat (Langkat).

“Cahaya matahari akan terhalang oleh bulan sehingga tidak seluruhnya akan sampai ke bumi,” ucapnya.

Dia mengatakan gerhana matahari bakal berlangsung sekitar 2 jam. Menurutnya, gerhana matahari sebagian ini punya waktu puncak untuk bisa dilihat oleh warga.

“Secara umum, gerhana di Sumut akan dimulai pada pukul 13.37 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 14.48 WIB, dan gerhana akan berakhir pada pukul 15.48 WIB,” jelasnya.

Rahayu pun memberi tips aman untuk melihat gerhana matahari ini. Dia meminta warga tak menatap langsung ke arah matahari.

“Tips aman, jangan melihat langsung dengan mata telanjang. Tidak boleh juga melihat bayangan gerhana di air,” ujar Rahayu.

Rahayu mengatakan gerhana matahari bisa dilihat menggunakan teropong yang menggunakan filter. Gerhana matahari juga bisa dilihat menggunakan kacamata khusus.

“Lokasi pengamatan di halaman kantor Stasiun Geofisika Deli Serdang mulai pukul 12.00 WIB. Kalau mau datang, silakan, pengamatan sesuai protokol kesehatan COVID-19,” jelasnya.

(haf/haf)

Read More

Related Posts