JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak pelanggan listrik prabayar melakukan pengaduan kepada PT PLN (Persero) terkait nomor token listrik yang tidak muncul meski sudah melakukan pembagian.
Berdasarkan hasil pantauan Kompas.com sudah banyak pelanggan yang mengeluhkan tidak munculnya nomer token listrik walau sudah melakukan pembelian sejak Senin (1/6/2020) sore hari ke akun Twitter @pln_123.
Merespons hal tersebut, Senior Executive Vice President Bisnis & Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono mengakui adanya gangguan pada sistem jaringan komunikasi data yang menyebabkan proses pengiriman data token prabayar sebagian pelanggan gagal terkirim.
Baca juga: Sempat Gangguan, Pelanggan Listrik Prabayar Sudah Bisa Akses Token
Yuddy mengklaim jaringan komunikasi sudah berangsur normal.
“PLN secepatnya memulihkan seluruh sistem dan mencari akar masalah agar tidak terulang di kemudian hari,” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (2/6/2020).
Terkait pelanggan yang sudah terlanjur membeli token atau sudah terdebet namun nomer tokennya tidak ada, PLN memastikan dananya tidak hilang.
“Untuk informasi tersebut pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN 123,” kata Yuddy.
Lebih lanjut Yuddy menjelaskan, pada Senin pukul 16.45 WIB terjadi gangguan sistem jaringan komunikasi yang mengakibatkan sejumlah transaksi token listrik mengalami gagal kirim.
Baca juga: Token Listrik Gratis Diberikan ke 11,8 Juta Pelanggan, Ini Cara Mendapatkannya